Rabu, 10 Juni 2009

Mengaji dan Mengajak Ngaji

SEMUA ANGGOTA MUHAMMADIYAH MENGAJI, DAN MENGAJAK ORANG MENGAJI *)

Allahuyarham pak AR Fachruddin berulang ulang menyatakan bahwa, pengajian adalah ruhnya Muhammadiyah. tanpa pengajian, Muhammadiyah ibarat jasad yang sudah tak bernyawa. betapapun hebatnya seseorang, bila nyawanya sudah tak ada, ia hanyalah mayat yang tidak lagi mampu memberikan kemanfaatan bagi orang lain. ia menjadi tanggungjawab orang lain untuk memandikan, men-shalatkan dan menguburkan.

KHA Dahlan mengawali geraknya melalui pengajian - pengajian . Beliau senantiasa mencari peluang untuk mengisi pengajian dan menggerakkan pengajian. Sejarah mencatat banyak pengajian pengajian yang digerakkan KHA Dahlan, seperti : Qismul Arqa', Fathul Asrar wa Miftahus Sa'adah, Wal "Ashri, Pengajian Malam Jum'at, Sapa tresna, dll. Dari pengajian pengajian tersebut muncul kader kader dakwah yang luar biasa, yang menyebarkanluaskan Muhammadiyah ke segala penjuru Nusantara.


Pengajian adalah media paling pas bagi umat Islam untuk belajar sepanjang hayat tanpa batas waktu. Melalui pengajian pula kehidupan berjamaah bisa diamalkan. Dan melalui pengajian pula fungsi Muhammadiyah untuk mengantarkan umat Islam ke gerbang surga jannatun na'iem dapat dilaksanakan. Berada dalam Jamaah Pengajian Muhammadiyah menjamin kita tetap berada dalam Orbit Gerakan Muhammadiyah.

perkembangan Gerakan Muhammadiyah tidak bisa dilepaskan dari pengajian. Kaidah kaidah Persyarikatan menjadikan pengajian menjadi inti gerakan. Ranting Muhammadiyah berdiri dengan syarat minimal memiliki amal usaha pengajian anggota, pengajian umum, dan jamaah. demikian pula untuk level kepemimpinan Cabang, Daerah, dan Wilayah, menyaratkan memiliki amal usaha pengajian pimpinan dan pengajian muballigh.

Pengajian anggota merupakan bagian dari sistem pembinaan anggota. Tujuannya, memberikan pengajaran dan bimbingan kepada anggota agar menjadi Muslim yang taat, memahami dan mengamalkan ajaran Islam yang benar sesuai dengan yang dipahami Muhammadiyah. dan mampu menjadi subyek dakwah. Kewajiban Ranting menyelenggarakan Pengajian Anggota mengisyaratkan semau anggota harus mengaji, meningkatkan pemahaman agama, dan senantiasa berada dalam jamaah. ini juga berarti bahwa menjadi anggota Muhammadiyah adalah teken kontrak untuk menjadi Muslim yang baik dan senantiasa menjadi lebih baik.

Apakah anda sudah rutin mengikuti Pengajian Anggota ? Alhamdulillah bisa jawaban anda "ya". tetapi bila belu , sebagai anggota Muhammadiyah anda berkewajiban segera bergabung dalam Pengajian Anggota yang ada dalam Ranting anda . Bila di Ranting anda belum diselenggarakan segeralah bergerak menghubungi Pimpinan Ranting dan anggota - anggota yang ada di sekitar anda , ajaklah mereka mengaji. Andalah penggeraknya.

*)by. Agus Sukaca (Ketua PWM Kalimantan Timur),source : SM 09/94 hal.52

0 komentar:

 
© Copyright by PRM Pandeyan  |  Template by Blogspot tutorial