Selasa, 28 April 2009

PRM Pandeyan Adakan Pelatihan Khotib

Beberapa bulan yang lalu tepatnya Ahad 30 Juli 2008, Bidang Tabligh PRM Pandeyan mengadakan pelatihan khotib bagi aktivis masjid se-wilayah kelurahan Pandeyan. Pelatihan yang berlangsung di SDN 3 Kotagede ini diikuti oleh 40 peserta utusan dari beberap takmir masjid.
Menurut Bp.Suhardiman, S.Ag sebagai Kabid Tabligh sekaligus coordinator kegiatan mengemukakan bahwa kegiatan pelatihan ini diselenggarakan karena keprihatinan Muhammadiyah akan sedikitnya khotib sehingga perlu ada pengkaderan dan meningkatkan kualitas khotib yang sesuai dengan tuntunan syariah serta persiapan kader dai-dai masjid menjelang bulan suci Ramadhon 1429. harapannya, khotib/dai masjid sebagai ujung tombak masjid dalam melaksanakan dakwah amar ma’ruf nahi mungkar senantiasa dituntut untuk meningkatkan kuantitas-kualitas dakwahnya agar mampu menjawab persoalan zaman.


Pelatihan khotib sehari ini dikemas menjadi 2 (dua) model yaitu ceramah dan praktik, sehingga setelah mendapatkan materi , peserta dalam mempraktekkannya. Ceramah pertama menampilkan pembicara Bp. Drs. H. Agung Danarto, M.Ag (PWM Yogyakarta). dengan materi ‘Tuntunan Khotbah’ yang menguraikan 6 (enam) syarat wajib materi khotib dalam menyampaikan khotbahnya. Untuk pembicara kedua dengan materi ‘Teknik Khotbah’ disampaikan oleh Bp. Ponidjo (PCM Umbulharjo) menyoroti tentang performance dan pemilihan tema/isu/materi khotbah sehingga ceramah tersampaikan menarik dan pesan ketaqwaan diterima oleh audience/jamaah. Kegiatan ini terselenggara atas dukungan dan kerjasama dengan SDN 3 Kotagede, Universitas Ahmad Dahlan dan Takmirul Masjid se-wilayah Pandeyan. (rid/)

0 komentar:

 
© Copyright by PRM Pandeyan  |  Template by Blogspot tutorial